Rabu, 13 April 2011

PROFIL KOTA PADANG

Profil Wilayah
Ketenaran Kota Padang merambah ke mana-mana berkat “rumah makan Padang” dan “orang-orang Padang”. Padang sebenarnya kota rantau, sekitar 60 persen penduduknya berasal dari orang (perantau) asal Padang Pariaman, sekitar 20 persen dari Solok, dan sisanya dari daerah lain, termasuk etnik Nias, Cina, Keling dan Jawa.
Orientasi Wilayah
Secara geografis wilayah Kota Padang berada antara 00º44’00”-01º08’35”LS dan  100º05’05”-100º34’09” BT dengan luas wilayah 694,96 Km² dengan batas-batas sebagai berikut :
  • Batas Utara : Kabupaten Padang Pariaman
  • Batas Selatan : Kabupaten Pesisir Selatan
  • Batas Timur : Selat Mentawai
  • Batas Barat : Kabupaten Solok


Kecamatan dengan rata-rata kepadatan penduduk tinggi yaitu Kecamatan Padang Timur, Padang Barat, Padang Utara mempunyai topografi yang relatif landai, tidak  terjal dan terdapat banyak fasilitas umum dan sosial, infrastruktur pendukung seperti  infrastruktur jalan, sanitasi, drainase, listrik, telekomunikasi dan lain-lain, yang  mendukung pertumbuhan perekonomian Kota Padang secara keseluruhan, sedangkan  wilayah dengan kepadatan penduduk rendah merupakan daerah dengan topografi berbukit-bukit, terjal dan minim infrastruktur pendukung. Daerah efektif kota Padang termasuk sungai adalah 205,007 km2 dan daerah bukit termasuk sungai adalah 486,209 km2. Kota Padang dilalui 5 buah sungai besar dan 16 sungai kecil. Jumlah pulau yang termasuk dalam wilayah kota ini sebanyak 19 buah.

0 komentar:

Posting Komentar