Sabtu, 16 April 2011

PROFIL KOTA BONTANG

Profil Wilayah
        Kota Bontang terletak 150 km di utara Samarinda. Dengan wilayah yang relatif kecil dibandingkan kabupaten lainnya di Kalimantan Timur (406,70 km²), Bontang memegang peranan  yang cukup penting dalam pembangunan Kaltim  maupun nasional. Karena di kota yang berpenduduk sekitar 110.000 jiwa ini, terdapat dua perusahaan raksasa internasional yaitu PT  Badak NGL di Bontang Selatan dan PT Pupuk Kaltim di Bontang Utara. Kota Bontang secara administratif dikembangkan sebagai Daerah Otonom Kota sejak tahun 1999, setelah sebelumnya berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Kutai Kertanegara. Letaknya tergolong strategis, pada poros jalan Trans-Kalimantan serta dilalui jalur pelayaran Selat Makassar sehingga menguntungkan dalam mendukung interaksi wilayah Kota Bontang dengan wilayah luar Kota Bontang.
         Secara keseluruhan, luas Kota Bontang mencapai 49.752,56 Ha, dimana sebagianbesar merupakan wilayah perairan, sementara luas wilayah daratan sekitar 29% atau14.870 Ha.
Dari diagram di atas, khususnya jenis penggunaan lahan untuk wilayah daratan Kota Bontang memperlihatkan pembagian guna lahan yang secara umum terdiri dari 3  jenis penggunaan: Hutan Lindung & Pertanian, Kawasan Industri, serta Areal terbangun Perkotaan. Adapun penggunaan lahan wilayah daratan Kota Bontang yagn mencakup areal seluas 147,80 km² terdiri dari :
• Kawasan Hutan Lindung/TNK : 9.025 Ha (11,96%)
• Kawasan PT Badak NGL.Co : 1.527 Ha (3,15%)
• Kawasan PT.Pupuk Kaltim : 2.010 Ha (4,04%)
• Areal efektif untuk pembangunan : 1.950 Ha (10,56%)
Orientasi Wilayah
         Secara astronomis, Kota Bontang berada dalam posisi 117º 23' - 117 º 38' Bujur Timur, serta 0 º 01' - 0 º 14' Lintang Utara. Secara administratif, Kota Bontang  semula merupakan kota administratif dari Kabupaten Kutai dan menjadi Daerah Otonomiberdasarkan UU No.47 tahun 1999 tentang pemekaran propinsi dan  kabupaten, terbagi atas 2 Kecamatan, yaitu Bontang Utara dan Bontang Selatan.  Untuk kecamatan Bontang Utara terdiri dari 4 desa yaitu desa Lok Tuan, desa  Bontang Baru, desa Bontang Kuala dan desa Belimbing. Sedangkan untuk kecamatan Bontang Selatan terdiri dari 5 desa yaitu desa Sekambing, desa Brebaspantai, Desa Brebes Tengah, Desa Tanjung Laut dan desa Satimpo. Adapun batasan wilayah administratif kota adalah sebagai berikut:
  • • Sebelah Utara : Kec. Sangatta - Kabupaten Kutai Timur
  • • Sebelah Timur : Selat Makassar
  • • Sebelah Selatan : Kec. Marangkayu - Kabupaten Kutai Kertanegara
  • • Sebelah Barat : Kec. Sangatta - Kabupaten Kutai Timur


          Wilayah Kota Bontang didominasi oleh permukaan tanah yang datar, landai, dan sedikit berbukit dengan ketinggian antara 0 - 106 m di atas permukaan laut, dengan kemiringan lereng sebagian besar antara 2-40% dengan luas 7.211 Ha. Mayoritas wilayah (48 %) menempati kawasan pinggir pantai yang relatif datar, sehingga relief  Kota Bontang terlihat mendatar di wilayah pantai, dan bergerak membukit dan bergelombang dari bagian Selatan ke arah Barat.
         Kota Bontang diapit oleh hutan lindung di sebelah Barat dan Selatan, serta Taman  Nasional Kutai di sebelah Utara. Karenanya, tidak heran bila penggunaan lahan untuk hutan belukar tergolong luas, mencapai 3.575 Ha. atau sekitar 24 % dari luas wilayah daratan. Luas lahan pertanian di Kota Bontang mencapai 5.400 Ha atau sekitar 36,5 % dari luas daratan, terdiri dari lahan potensial yang belum dimanfaatkan sebesar  3.150 Ha, serta lahan fungsional pertanian dan peternakan sebesar 2.250 Ha.

0 komentar:

Posting Komentar