Selasa, 12 April 2011

PROFIL KOTA BANDA ACEH

Profil Wilayah
        Aceh Utara berada pada jalur yang sangat strategis yang merupakan titik tengah antara Banda Aceh sebagai Ibukota Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan  Medan sebagai ibukota Sumatera Utara. Disamping itu Kabupaten Aceh Utara mempunyai daerah penyangga yang cukup luas yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Timur dan Kabupaten Pidie. Letak Kabupaten Aceh Utara pada pesisir aceh bagian utara juga mempunyai hubungan perdagangan dengan Malaysia dan Thailand. Dukungan yang paling strategis adanya sarana dan prasarana perhubungan laut yang relatif memadai dibandingkan dengan kabupaten yang lain dalam Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
         Kota Banda Aceh terdiri dari 4 kecamatan yaitu kecamatan Meuraxa, Baiturahman, Kuta Alam dan Syiah Kuala., seluas 61,36 km2 dengan jumlah penduduk keseluruhan sejumlah 220.737 jiwa.Kecamatan dengan luas wilayah terbesar yaitu Kecamatan Syiah Kuala (20,39 km2) sedangkan kecamatan dengan luas terkecil yaitu Kecamatan Baiturrahman (10,16 km2).Sektor lain yang tak kalah pentingnya adalah pariwisata. Sejak dulu Banda Aceh terkenal sebagai kota budaya, karena kedudukannya sebagai pusat Kerajaan Aceh.Sebab itu banyak menyimpan khazanah budaya, monumen, tempat-tempat bersejarah, dan makam raja-raja seperti makan Sultan Iskandar Muda dan makam Syekh Abdurrauf Syiah Kuala. Tempat-tempat itu kini menjadi obyek wisata yang bernilai historis dan spiritual, serta keindahan alam. Fasilitas penunjang wisata seperti penginapan, terutama banyak terdapat di Kecamatan Baiturrahman dan Kecamatan Kuta Alam.
Orientasi  Wilayah 
 Secara geografis wilayah Kota Banda Aceh  mempunyai luas 1,36 km2 dengan batas batas sebagai berikut Batas Utara : Selat Malaka
  • Batas Selatan : Samudera Hindia
  • Batas Utara : Selat malaka
  • Batas Timur : Kabupaten Aceh Besar
  • Batas Barat : Kabupaten Aceh Besar

0 komentar:

Posting Komentar