Selasa, 11 Maret 2014

Dua sisi lain Gunung Api di Indonesia



Setiap Gunung  Api dimanapun dimuka bumi ini memiliki kisah dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. hal tersebut yang rupanya membuat orang yang melihat dan berkunjung kesana memiliki kesan dan sudut pandang yang berbeda pula. Sudut pandang tersebut yang pada akhirnya memberikan semacam identitas dan ciri khusus pada sebuah gunung.khususnya gunung berapi. 
Gunung api dengan segala keindahannya.
 Hingga tahun 2012, Indonesia memiliki 127 gunung berapi aktif dengan kurang lebih 5 juta penduduk yang berdiam di sekitarnya. Sejak 26 Desember 2004, setelah gempa besar dan tsunami terjadi, semua pola letusan gunung berapi berubah, misalnya Gunung Sinabung, yang terakhir kali meletus pada 1600-an, tetapi tiba-tiba aktif kembali pada tahun 2010 dan meletus pada 2013 serta gunung keelud di 2014.
Gunung berapi selain sebagai sebuah mahakarya sang pencipta tapi dinilai pula sebagai pemicu terbentuknya kebudayaan , kepercayaan bahkan mampu memberikan sebuah perubahan besar bagi bangsa atau peradaban disekitarnya. Keberadaan Gunung api dirasakan sebagai berkah bagi masyarakat selain berdampak pada kesuburan tanah , bahan material bangunan bahkan sebuah gunung mampu memberikan dampak wisata yang cukup menarik. Besarnya keingintahuan manusia membuat perbedaan besar manusia sekarang dengan manusia tempo dulu dalam memandang sebuah gunung api.

Masa kini keberadaan gunung api memberikan kontribusi besar bagi pembangunan peradaban dengan segala teknologinya. Listrik,Belerang,bahkan material barang tambang banyak ditemukan disekitar atau kawasan gunung api. Sungguh keberadaan gunung api memang sebuah anugrah dari yang Maha Kuasa yang patut di syukuri dan dipelihara keberadaannya. 

Walau demikian masih banyak perilaku manusia yang serakah ingin mengeksploitasi secara berlebihan sehingga banyak nya bencana pun ikut menyertainya, longsor, banjir bandang, kebakaran hutan menjadi banyak akibat dari perilaku manusia itu sendiri. 

Tuhan menciptakan Alam semesta ini dengan segala keseimbangnnya. Keberadaan gunung api memliki efek positif dan negatif bagi sekitarnya.Gunung api pada masa tertentu akan memunculkan keseimbangannya . gunung api bisa memuntahkan material yang terkandung didalammnya. Hal tersebut apabila tidak di antisipasi dan tidak dipelajari maka memunculkan bencana yang cukup besar disebuah negeri, sudah banyak bencana alam khususnya gunung api di Indonesia terjadi namun tidak bisa membuat Negara kita lebih arif dan bijaksana dalam menghadapinya. Korban jiwa masih saja tinggi di setiap kejadian , hal ini menandakan bahwa kesiapan kita dalam menghadapi bencana masih sangat kurang, Negara kita merupakan Negara yang indah berada di kepulauan tropis namun juga mempunyai potensi bencana yang sama besarnya
Sisi negatif keberadaan gunung api
Untuk itu bencana yang sering terjadi di Indonesia khususnya gunung api seharusnya bisa menjadi peringatan dan pelajaran bagi kita untuk terus belajar , belajar bersyukur atas segala anugerah yang diberikan tuhan dan berupaya untuk menjaga kelestarian titipan tersebut. Sehingga keberadaan bencana alam hendaknya menjadi sebuah hikmah bagi kita untuk terus belajar dan memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar