Minggu, 09 Maret 2014

Curug Cibeureum, Salah Satu Keindahan di TNG Gede Pangrango

Sekilas Pemandangan di curug cibeureum
Apabila anda Penat dengan suasana hiruk pikuk Jakarta, maka berkunjung ke curug cibeureum bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi anda, terletak di kaki gunung gede pangrango yang hanya berjarak 100 km dari Jakarta anda akan sedikit di ajak berpetualang menyusuri hutan hujan tropis yang asri dan sejuk. Tentunya dengan sedikit persiapan dan perlengakapan tracking yang memadai perjalanan anda akan terasa lebih menyenangkan dan nyaman.
Berikut Ruteperjalanan apabila anda ingin mencoba berkunjung ke tempat tersebut.:

Bila menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa masuk tol jagorawi menuju arah puncak , kemudian terus melaju melalui cisarua, puncak pass, ciloto sampai pada pertigaan cibodas di daerah cimacan. Belok kanan di pertigaan tersebut menuju Kebun Raya cibodas susuri daerah tersebut kurang lebih sejauh 4 km dan parkir di parkiran yang tersedia.

Pertigaan Cibodas dari arah cianjur apabila dari jakarta sebaliknya.
Bila menggunakan kendaraan umum, anda bisa menumpang bus dari arah terminal kampong rambutan, namun disarankan anda bisa menunggu di putaran bus ps rebo karena bus tersebut akan melalui jalan tersebut dan tidak akan ngetem. Pilihan bus menuju arah cianjur (Doa ibu,marita,parung indah, garut(karunia bakti), tentu dengan bertanya apakah bus tersebut melalui puncak atau tidak ( seringkali karena jam tertertu dan kondisi tertentu bus akan lewat jonggol) tariff bus tersebut bervariasi antara Rp 19.000-21.000. setelah melalui puncak turun di pertigaan ci bodas dilanjutkan ke pintu masuk kebun raya cibodas dengan angkot berwarna kuning jurusan cipanas-cibodas dengan tariff Rp.3000.

Setelah tiba di perberhentian terakhir anda berjalan melalui Kantor Taman Nasional menuju arah Golf cibodas.hingga ada petunjuk arah menuju curug.

Petunjuk arah menuju curug
Pos masuk menuju curug
Setelah berjalan sekitar 100 m anda akan bertemu persimpangan dengan jalan menuju golf dan ambil persimpangan ke kiri hingga ada Logo dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gerbang Masuk Menuju TNG Gede Pangrango

Susuri pintu /pos masuk tersebut hingga bertemu dengn Pos Masuk Pendakian TNGGP dan menbayar tiket masuk sebesar Rp.3000.Sebagai catatan Pos terebut juga sekaligus pos pendaftaran bagi para pendaki yang akan menuju gunung gede atau pangrango sehingga tidak jarang pada musim pendakian kita akan melihat pendaki yang melalui pos tersebut. Jarak dari pos 2,6 Km menuju curug cibereum dan di pos tersebut juga di informasikan jarak ke beberapa tepat penting di TNGP. Sepanjang perjalanan kita akan menapaki jalan berbatu dengan latar hutan pegunungan yang rimbun dan sejuk.
Pos Masuk TNG Gede Pangrango sekaligus Pos masuk Curug
Petunjuk Jarak Menuju Lokasi
Pada pos pertama kita akan tiba di telaga biru sebuah danau yang berada di kawasan  tersebut

Telaga Biru

Selanjutnya kita akan menjumpai  jembatan kayu yang melintasi suatu kawasan yang dinamakan rawa gayonggong. Nama tersebut di ambil dari daerah tersebut yang awalnya merupakan cekungan bekas kawah yang terisi air dan di tumbuhi rumput gayonggong.
Rawa Gayonggong
 Kita akan terus berjalan hingga berada pada pertigaan panyangcangan yang membagi pengunjung yang akan ke curug atau ingin mendaki ke puncak gunung,

Pertigaan Panyangcangan
apabila kita ingin ke curug kita belok kearah kanan dan brjalan sejauh 300 m hingga akhirnya menuju curug.

Dicurug cibereum juga di lengkapi fasilitas toilet dan kamar mandi dengan tarif Rp 2000 sehingga pengunjung dapat mandi di pinggiran curug tersebut.
Kamar mandi
Dikawasan curug terdiri atas 3 curug yang memiliki ketinggian bervariasi dan keindahan yang berbeda.Soal keindahan curug tersebut silahkan anda berikan penilaian sendiri.

Demikian Semoga informasi ini bermanfaat . selamat berkunjung.