Minggu, 12 Juni 2011

Patung Dirgantara or Patung Pancoran.

PATUNG DIRGANTARA



       Jika kita melewati Jln Gatot Subroto maka kita pasti akan melihat sebuah monumen yangberdiri tegak dengan gagahnya. ya, itu adlah patung Pancoran yang dikenal Masyarakat jakarta saat ini, tapi tahukah anda bahwa sebetulnya nama resmi dari monumen itu adalah Patung DIRGANTARA.
      Patung Dirgantara yang merupakan kebanggan Bung Karno itu mencerminkan keperkasaan bangsa indonesia di bidang penerbangan. Patung ini dibangun tahun 1964 - 1965 oleh sanggar keluarga Arca Yogyakarta ata dasar rencana Edhi Sunarso.Patung yang diwakili tokoh perkasa dan gagah berani menjelajah angkasa ini melambangkan keberanian, kesatria dan kedirgantaraan yang dilandasi kejujuran, keberanian dan semangat mengabdi. Patung Dirgantara merupakan peringatan tonggak sejarah penerbangan indonesia. karena semangat dan kecintaan untuk segera dapat mewujudkan patung tersebut, Bung Karno rela menjual mobil pribadinya untuk membiayai pembangunannya serta mengawasi sendiri langsung proses pembuatannya.
      Patung yang diletakan di bunderan jalan Gatot Subroto yang berbahan perunggu setinggi 11 meter tersebut pengecorannya dilakukan di yogyakarta dibawah pimpinan Ir Gardono.

0 komentar:

Posting Komentar