Kamis, 16 Juni 2011

KOREA SELATAN


KOREA SELATAN, Republik di bagian Selatan Semenanjung Korea, Asia timur Laut. secara geografis merupakan negara yang berada si ujumng semenajung korea. yang memiliki batas-batas :
  • Utara    : Korea Utara
  • Timur    : Laut Jepang
  • Selatan  : Laut Cina Timur
  • Barat     : Laut Kuning
Memiliki luas wilayah 99.143 km persegi. dengan jumlah penduduk 48.959.175 jiwa (2004) Ibukota negara : Seoul. Mata uang : Won
Fisiografi. Pada Umumnya semenajung Korea, termasuk Korea Selatan, terdiri dari pegunungan, hanya sebagian kecil wilayah ini berupa dataran rendah. tepat dibawah 38 derajat LU, barisan pegunungan sobaek membentang kearah barat daya. Puncaknya yang terkenal di antaranya Gunung.Halla (1.950 m), Gunung Chii (1.915 m) dan Gunung Tobaek (1.549 m). Sungai-sungai utama semuanya berada di bagian barat: Sungai Han (515  km), Sungai Kum (401 km) dan Sungai Yongsan ( 116 km) mengairi dataran subur dibarat daya : Sungai Natkong ( 525 km) juga dapat dilayari kapal.
       Iklim musim di negeri ini lebih dipengaruhi dataran benua Asia daripada Lautan Pasifik. Pada musim Dingin, semenanjung ini dilalui udara kering dan dingin yang bertiup dari daerah siberia, pusat tekanan udara pada waktu itu.Dalam bulan januari, suhu udara rendah , tetapi jarang turun sampai dibawah titik beku.Pada musim panas, dari arah tenggara bertiup udara laut yang lembab. Karena itu, udara di negeri ini umumnya hangat. Dalam bulan Agustus, misalnya, suhu udara dibagian yang paling selatan berkisar 20 derajat Celcius hingga 27 derajat Celcius.Curah hujan per tahun berkisar dari 500 mm hingga 1500 mm per tahun.
    


TO BE CONTINUED..................

0 komentar:

Posting Komentar